Beranda | Artikel
Upaya Menjadi Salafy Lahir Batin (Ustadz Abdullah Taslim, M.A.)
Sabtu, 24 Agustus 2013

Bersama Pemateri :
Ustadz Abdullah Taslim

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abdullah Taslim, M.A.

Ringkasan Kajian “Upaya Menjadi Salafy Lahir Batin”

Menjadi seorang pengikut manhaj Salaf lahir dan batin, ini tentu perkara yang didambakan oleh setiap Muslim, perkara yang sejatinya dimudahkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala, meskipun tentu saja syaithan dengan menunggangi hawa nafsu manusia berusaha untuk memalingkan manusia dari jalan Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan berbagai cara. Kita ketahui bersama, Allah Subhanahu wa Ta’ala mengajak manusia untuk masuk kepada agama Islam secara sempurna, secara كَآفَّةً (kaaffah), yang berarti kita harus mengikuti petunjuk Allah, mengikuti agamaNya lahir dan batin. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam Al-Qur’an:

٢٠٨. يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ ادْخُلُواْ فِي السِّلْمِ كَآفَّةً وَلاَ تَتَّبِعُواْ خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِينٌ

Wahai orang-orang yang beriman, hendaklah kalian masuk ke dalam Islam secara keseluruhan (tambahan keterangan Ustadz Abdulllah Taslim, M.A.: lahir dan batin, Islam dalam penampilan, Islam dalam amal perbuatan, Islam dalam pemikiran, Islam dalam keinginan, Islam dalam cita-cita, Islam dalam pandangan hidup dan dalam semua permasalahan). Dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaithan karena sesungguhnya syaithan adalah musuh yang nyata bagimu.

Ini perintah. Karena orang yang beriman meyakini, Islam adalah keselamatan, berarti dirinya akan selamat kalau benar-benar tunduk kepada Islam. Konsekuensi seorang yang meyakini Allah Subhanahu wa Ta’ala Maha Sempurna rahmatNya, dan rahmatNya yang sempurna itu dilimpahkan dalam petunjukNya. Rahmat yang sempurna, wujudnya pada diri manusia adalah dengan dia mensyariatkan agamaNya. Berarti manusia tidak akan mungkin bisa meraih keselamatan, meraih kebaikan, kecuali dengan tunduk kepada Islam lahir dan batin. Maka dari itu, Islam diambil dari kata اْلإِسْتِسْلاَمُ, al-istislaam (ketundukan, kepasrahan, ketaatan).

َاْلإِسْلاَمُ: َاْلإِسْتِسْلاَمُ ِللهِ بِالتَّوْحِيْدِ وَاْلإِنْقِيَادُ لَهُ باِلطَّاعَةِ وَالْبَرَاءَةُ مِنَ الشِّرْكِ وَأَهْلِهِ

Tunduk patuh kepada Allah dengan mentauhidkanNya, mengikatkan diri kepadaNya dengan mentaatinya, dan berlepas diri dari perbuatan syirik serta orang-orang yang melakukannya.”

Ini merupakan pengertian Islam yang diterangkan oleh Imam Mujaddid Syaikhul Islam Muhammad bin ‘Abdul Wahhab rohimahullohu Ta’ala.

Dengarkan dan Download Ceramah Agama Islam Lengkap dengan Sesi Tanya-Jawab

Simak langsung kajiannya, atau download kajian di atas dan bagikan kepada keluarga, saudara, dan kerabat yang Anda cintai.

Bantu sebarkan kajian / taushiyah ini ke Google+, Facebook, dan Twitter.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/2328-upaya-menjadi-salafy-lahir-batin-ustadz-abdullah-taslim-m/